Artikel

Fungsi Fender Pada Pelabuhan

Fender merupakan bumper yang digunakan guna meredam benturan yang berlangsung disaat kapal hendak merapat ke dermaga ataupun pada disaat kapal yang sedang diombang-ambingkan oleh gelombang ataupun arus. Fender sanggup peredaman setiap benturan. Fender umumnya mempunyai daya serap tenaga yang tinggi serta gaya respon yang rendah. Fender biasanya dibuat dari karet, busa elastomer, maupun plastik. Tipe fender yang umum digunakan tergantung / disesuaikan dengan banyaknya variable seperti dimensi serta berat kapal, stand-off maksimum yang diizinkan, struktur kapal yang bakal berlabuh, alterasi pasang-surut air laut, serta keadaan ditempat-tempat tertentu.

Fungsi Fender Pada Pelabuhan

Fungsi Fender Pada Pelabuhan

Fender merupakan bumper yang digunakan guna meredam benturan yang berlangsung disaat kapal hendak merapat ke dermaga ataupun pada disaat kapal yang sedang diombang-ambingkan oleh gelombang ataupun arus. Fender sanggup peredaman setiap benturan. Fender umumnya mempunyai daya serap tenaga yang tinggi serta gaya respon yang rendah. Fender biasanya dibuat dari karet, busa elastomer, maupun plastik. Tipe fender yang umum digunakan tergantung / disesuaikan dengan banyaknya variable seperti dimensi serta berat kapal, stand-off maksimum yang diizinkan, struktur kapal yang bakal berlabuh, alterasi pasang-surut air laut, serta keadaan ditempat-tempat tertentu.


Dimensi fender didasarkan pada tenaga kapal dikala kapal berlabuh serta berhubungan dengan ketepatan kecepatan berlabuhnya. Dermaga dan pelabuhan semacam pintu masuk kanal serta bawah jembatan, mempunyai penggunaan fender permanen yang ditempatkan untuk menghindari suatu kerusakan akibat benturan kapal. Penggunaan ban umumnya dapat digunakan sebagai fender di beberapa penempatan.

Baca Juga:Pengertian, Fungsi dan Type Bollard Pada Kapal

Tipe-Tipe Fender

Fender terbuat dari bahan elastis, semacam kayu ataupun karet. Fender kayu dapat berbentuk batang kayu yang dipasang di depan muka dermaga ataupun tiang kayu yang dipancang. Selama ini, penggunaan fender kayu sudah tidak banyak lagi dipergunakan. Karena mengingat harga kayu yang tidak lagi murah serta permasalahan banyaknya permasalahan yang timbul seperti penebangan pohon liar. Kecuali buat pelabuhan kecil di wilayah Sumatera, Kalimantan, serta Papua dimana masih ada lumayan banyak kayu. Fender karet merupakan produk karet pabrikan yang banyak digunakan di berbagai dermaga di dunia, sebab kualitasnya yang sangat baik serta terdapat juga banyak bermacam-macam tipe.

1. Fender Kayu

Fender kayu umumnya berupa batangan kayu yang dipasang secara horizontal / vertikal di bagian sisi depan dinding dermaga. Untuk fender dari kayu yang digantung pada sisi dermaga, panjang fender sama dengan sisi atas dermaga hingga muka air. Fender kayu ini memiliki sifat guna meresap energi.

Sementara itu, untuk penggunaan fender kayu pada system dermaga yang berupa tiang pancang yang dilengkapi dengan balok memanjang dipasangakan dengan cara horizontal. Fender tersebut ditempatkan pada posisi depan dinding dermaga dengan kemiringan 1:24 supaya benturan dapat diresap sebab defleksi yang terjadi pada saat kapal membentur dinding dermaga. Penyerapan tenaga tidak dapat diperoleh defleksi dari penggunaan tiang kayu. Tiang kayu dipasang pada tiap seperempat bentang. Fender tipe ini kian kurang penggunaannya, sebab terus menjadi susah memperoleh kayu panjang.

2. Fender Karet

Fender karet merupakan produk / barang jadi yang digunakan guna menghindari benturan langsung antara kapal dengan dinding dermaga yang bisa menyebabkan kerusakan, baik pada sisi kapal yang langsung bersandar ataupun sisi dermaga yang menahan tubuh kapal. Penggunaan fender pada struktur dimana dinding membutuhkan perlindungan dari benturan kapal. Cocok dengan guna serta fender wajib sanggup mengabsorbsi energinya, benturan yang besar dengan style respon yang relative rendah dan mengaitkan perhitungan terhadap jenis/berat kapal, kecepatan serta sudut sandarnya.

Dikala ini fender karet banyak digunakan pada pelabuhan. Fender karet dibuat oleh pabrik dengan wujud serta dimensi berbeda bergantung pada pabrik pembentuk fender yang membagikan ciri fender yang diperoduksinya. Fender dengan jenis yang sama namun diperoduksi oleh pabrik yang berbeda dapat memiliki ciri yang berbeda.

 

Berikut ini sebagian tipe-tipe karet fender, antara lain:

  • Fender ban sisa mobil

Desain yang sangat simpel dari fender karet sisa ban mobil ialah ban-ban sisa penggunaan mobil yang umumnya dipasang pada sisi depan disepanjang dinding dermaga. Fender ban mobil ini digunakan pada dermaga buat merapat kapal-kapal kecil. Sebab tekanan kapal pada waktu merapat, ban mobil hendak hadapi defleksi serta meresap tenaga benturan.

  • Fender jenis A

fender jenis A yang dipasang pada dermaga dengan memakai baut. Ciri fender tersebut diberikan oleh pabrik membuktikan ikatan antara defleksi serta style respon dan defleksi serta tenaga yang diserap fender A dengan jenis KAF 400H x 1000L. dalam perencaaan system fender, jenis serta dimensi fender diseleksi bersumber pada tenaga yang ditimbulkan oleh benturan kapal. Nilai-nilai tersebut terletak diantara kedua nilai batasan atas serta dasar tersebut. Style serta tenaga yang diserap buat bermacam dimensi fender jenis A pada defleksi 45.

  • Fender jenis V

Fender jenis V merupakan tipe fender yang sudah dimaksimalkan buat kenaikan penyerapan tenaga buat style respon rasio. Fender jenis V memiliki wujud seragam dengan fender A.

Baca Juga:Produsen Rubber Fender / Karet Fender

  • Fender jenis D

Fender jenis D mempunyai model fender yang responsive dengan penyerapan enertgi benturan kapal yang tinggi. Jenis fender D umumnya digunakan di dermaga dengan kapal-kapal yang lebih kecil.

  • Fender jenis cell

Fender jenis cell merupakan jenis fender dengan kekuatan responsif rendah serta memiliki keuntungan dalam menyerap tenaga benturan kapal-kapal besar. Karet fender cell diperlengkapi dengan frontal frame yang bermaterial baja. Produk tersebut mempunyai ciri penyerapan tenaga yang lebih besar serta sangat profesional buat pemakaian di dermaga/ pelabuhan dengan kapal besar. Penggunaan fender jenis cell umumnya dipasang pada bagian sisi depan dinding dermaga dengan menggunakan baut. Sisi depan fender dipasang panel contact. Ciri fender tersebut diberikan oleh pabrik pembuatnya.

  • Fender jenis cylinder

Fender jenis cylinder adalah salah satu jenis fender yang simple. Jenis fender ini umumnya digunakan sebagai bantalan karet pada penempatan dermaga dengan kapa-kapal besar. Fender dengan desain ini bisa digunakan dengan fleksibel serta gampang dalam pemasangannya. Fender tiper silinder ini telah digunakan sepanjang bertahun-tahun selaku pelindung kapal serta dermaga. System karet fender dermaga jenis silinder ini ialah system yang sangat universal digunakan diseluruh dunia. Jenis cylinder ini mempunyai raga yang tebal, kokoh serta bisa melindungi kapal dari abrasi/aus. Tipe fender karet ini mempunyai desain yang responsive terhadap benturan yang sangat rendah daripada tingkatan energinya benturannya. Fender tipe ini dibuat oleh proses pencetakan kompresi di dasar serta temperatur besar yang bisa menciptakan senyawa karet homogen yang tidak berpori, sehingga tingkatkan keahlian dari karet fender dermaga tipe ini.

Dimensi ini disesuaikan cocok dengan bermacam persyaratan serta kebutuhan. Karet fender jenis silinder ini biasanya dibuat dengan dimensi diameter luar 15 centimeter sampai 2,6 meter. Fender jenis cylinder mempunyai respon yang progresif sehingga sesuai digunakan pada pelabuhan tempat berlabuhnya bermacam tipe kapal baik buat kapal besar serta kapal kecil. Perihal inilah yang buatnya jadi salah satu system fender yang sangat universal digunakan buat fasilitas dermaga serta kelautan.


Energi ketahanan fender ini biasanya tergantung pada kondisi area alam disekitarnya semacam temperatur akibat susunan ozon, keseriusan sinar matahari, polusi, kandungan garam, air, minyak, tipe kapal, frekuensi kapal yang berlabuh.

Terdapat bermacam tata cara buat pemasangan ataupun instalasi karet fender demaga jenis silinder ini. Salah satunya dengan metode simpel ialah dengan memassangnya dengan memakai pengikat rantai.

Proses pemasangan karet fender jenis silinder aga simpel serta bisa diinstal secara vertikal, horizontal ataupun diagonal pula serta pastinya disesuaikan dengan keadaan dermaga ataupun pelabuhan beserta posisi kapal yang hendak berlabuh. Tidak hanya dipengaruhi oleh dimensi karet fender jenis silinder tersebut, proses pemasangan ini bergantung pula dengan model serta wujud dari karet fender jenis silinder yang hendak dipasang. Biasanya proses pemasangan ini memakai campuran bantalan logam baja dengan rantai, ataupun cuma dengan rantai saja.


Baca Juga:Mengenal Sejarah, Manfaat dan Jenis Pelabuhan

Berikut merupakan sebagian nilai tambah yang dipunyai oleh karet fender jenis silinder:

  • Merupakan tipe ataupun jenis karet fender serbaguna serta sangat universal digunakan diseluruh dunia,
  • Mempunyai nilai murah yang besar dibanding dengan tipe karet fender dermaga yang lain ( Memerlukan bayaran relative rendah),
  • Proses instalasi simpel,
  • Mempunyai alterasi dimensi yang banyak,
  • Gampang pemeliharaannya,
  • Mempunyai kinerja yang besar serta sangat tahan lama,
  • Digunakan disemua tipe dermaga ataupun pelabuhan,
  • Mempunyai desain yang responsif lebih besar dibanding tipe karet fender modern yang yang lain,
  • Mempunyai ketahanan abrasi yang besar.

3. Fender Gravitasi

Fender grafitasi ini terbuat dari tabung baja yang diisi dengan cairan beton serta pada sisi depannya diberi pelindung kayu dengan berat sebesar 15 ton. Apabila terbentur kapal, fender hendak bergerak kebelakang serta keatas, sehingga kecepatan kapal bisa dikurangi, sebab buat menggerakan kebelakang diperlukan tenaga yang lumayan besar.