Artikel

Pengertian, Fungsi dan Type Bollard Pada Kapal

Bollard adalah perangkat yang digunakan pada pelabuhan untuk menambatkan tali kapal atau perangkat / patok untuk mengikatkan tali kapal. Bollard biasanya terbuat dari besi cor yang diangkur / ditanamkan pada pondasi beton dermaga sehingga mampu dalam menahan gaya tarik yang disebabkan oleh kapal yang terombang ambingkan oleh arus dan angin laut. Fungsi utama dari bollard pada kapal adalah sebagai tempat tertambatnya tali kapal pada saat kapal sedang berlabuh di dermaga supaya kapal tetap terjaga pada posisi awal berlabuhnya.

Pengertian, Fungsi dan Type Bollard Pada Kapal

Pengertian, Fungsi dan Type Bollard Pada Kapal

Bollard adalah perangkat yang digunakan pada pelabuhan untuk menambatkan tali kapal atau perangkat / patok untuk mengikatkan tali kapal. Bollard biasanya terbuat dari besi cor yang diangkur / ditanamkan pada pondasi beton dermaga sehingga mampu dalam menahan gaya tarik yang disebabkan oleh kapal yang terombang ambingkan oleh arus dan angin laut.


Fungsi utama dari bollard pada kapal adalah sebagai tempat tertambatnya tali kapal pada saat kapal sedang berlabuh di dermaga supaya kapal tetap terjaga pada posisi awal berlabuhnya. Tali kapal yang terlilitkan dengan sangat kuat pada bollard yang dapat mengakibatkan kapal tetap terjaga pada posisi awal berlabuhnya dan tidak terombang-ambingkan oleh angin dan arus dari laut. Bollard tersebut memiliki terdiri dari 4 macam type yaitu bitt bollard, curve bollard, tee bollard dan staghorn bollard yang digunakan di berbagai dermaga dan pelabuhan di Indonesia. Berikut ini type-type bollard, antara lain:

  • Bitt Bollard

Bitt bollard adalah salah satu tyipe bollard dengan penggunaan paling banyak, karena mempunyai karakteristik model yang sangat simple dengan penggunaan yang sangat handal sebagai tempat penambatan tali kapal. Bitt bollard memiliki karakteristik lurus vertical yang membesar pada bagian kepala dari bollard tersebut yang biasa disebut juga dengan sebutan StraightBollard / Bollard Pion.


  • Curve Bollard

Curve bollard atau bollard harbour adalah type bollard dengan ciri khas tersendiri dibandingkan dengan type bollard lainnya, karena memiliki ciri khas model bollard yang mirip seperti cocor bebek dan orang biasa menyebut bollard ini dengan sebutan bollard cocor bebek.


  • Tee Bollard / Tee Head Bollard

Tee bollard atau disebut juga tee head bollard adalah salah satu type bollard dengan karakteristik bollard yang sangat mirip seperti jamur, karena tee bollard ini memiliki sudut yang sangat mirip seperti jamur yang menjadikan type bollard ini sangat handal sebagai tempat tertambatnya tali pada kapal.


  • Staghorn Bollard

Staghorn bollard adalah salah satu type bollard yang paling unik, karena mempunyai ciri khas memiliki 2 tanduk yang mengarah ke depan dan 2 tanduk ke atas yang mirip seperti tanduk banteng. Dengan ciri khas bollard tersebut yang menjadikan staghorn bollard lebih handal sebagai penempatan lilitan tali kapal yang tertambatkan dengan baik pada bollard ini.


Demikian penjelasan tentang Pengertian, Fungsi dan Type Bollard Pada Kapal. Bagi anda yang membutuhkan kebutuhan produk konstruksi dbidang konstruksi dermaga, silahkan anda dapat menghubungi kami CV.Gada Bina usaha yang sangat professional dan berpengalaman dalam memenuhi kebutuhan perangkat dermaga seperti bollard / mooring bollard di Indonesia.