Artikel

Jenis-Jenis Bollard

Apa yang terlintas di pikiran anda ketika mendengan kata bollard? Apakah anda memikirkan suatu benda yang biasa terdapat di suatu dermaga dan pelabuhan, ataukah sesuatu yang terdapat di sisi badan jalan umum?. Tidak bisa dipungkiri karena terdapat beragam pemikiran yang berbeda-beda mengenai apa itu bollard?. Umumnya bollard merupakan istilah yang dipakai untuk menamai suatu benda yang berada di tepi/ sisi suatu tempat dengan tujuan tertentu. Perlu diketahui pula bahwa keberadaan dari bollard ini memiliki keragaman jenis mengacu pada fungsi dari bollard.

Jenis-Jenis Bollard

Apa yang terlintas di pikiran anda ketika mendengan kata bollard? Apakah anda memikirkan suatu benda yang biasa terdapat di suatu dermaga dan pelabuhan, ataukah sesuatu yang terdapat di sisi badan jalan umum?. Tidak bisa dipungkiri karena terdapat beragam pemikiran yang berbeda-beda mengenai apa itu bollard?. Umumnya bollard merupakan istilah yang dipakai untuk menamai suatu benda yang berada di tepi / sisi suatu tempat dengan tujuan tertentu. Perlu diketahui pula bahwa keberadaan dari bollard ini memiliki keragaman jenis mengacu pada fungsi dari bollard. Untuk itu, agar tidak salah mengenali definsi dari bollard, maka mari ketahui dulu jenis-jenis dari bollard yang ada di kehidupan sehari-hari. Berikut ini jenis-jenis dari bollard, antara lain:


Stand Bollard (Patok / Tiang Pembatas Trotoar Jalan)

Jenis bollard yang pertama ini adalah stand bollard. Umumnya stand bollard mempunyai bentuk secara sekilas berupa tiang besi yang memiliki tinggi kurang lebih setengah dari tinggi orang dewasa. Jenis bollard ini biasa di aplikasikan di bagian luar badan jalan yang berfungsi sebagai pembatas antara trotoar jalan dengan jalan raya.

Pemasangan jenis bollard ini dilakukan secara berderet dengan jarak yang saling berdekatan antara trotoar dengan jalan raya. Hal ini bertujuan untuk memperkecil kemungkinan pengendaraa menerobos masuk trotoar sehingga dapat menghalau para pengendara jalan raya seperti pengendara sepeda motor, pesepeda, penjual kaki lima, tukang becak dll yang dapat mengganggu pengguna jalan trotoar.

Bollard Bola

Jenis bollard selanjutnya ini adalah bollard bola yang memiliki fungsi hampir sama dengan jenis stand bollard, hanya yang memebedakan dari segi modelnya saja. Jika stand bollard berupa tiang, maka jenis bollard yang satu ini memiliki bentuk bulat seperti halnya bola akan tetapi dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Ukuran diameter dari bollard bola sangat bervariatif, namun pada umumnya penggunaan bollard bola dengan ukuran yang cukup besar yang biasanya masyarakat salah mengiranya sebagai tempat duduk.

Selain berfungsi sebagai pembatas trotoar, bollard bola ini juga dapat menjadi komponen penghias / dekorasi penunjang tata kota. Dikarenakan, jenis bollard bola ini bisa dihadirkan dalam bentuk dan desain yang sangat atraktif, menarik, berwarna dan lain hal sebagainya.

Marine Bollard / Bollard Pelabuhan (Bolder)

Dari penyebutan namanya sudah dapat ditebak bahwa jenis bollard yang satu ini di aplikasikan ke pelabuhan atau dermaga bukan? Ya benar, marine bollard atau sering disebut juga dengan nama sebutan mooring bollard / shipbollard / bolder bollard adalah bollard yang digunakan di pelabuhan yang berfungsi sebagai penambatan tali kapal dan sebagai pelengkap fasilitas pelabuhan atau dermaga.

Aplikasi jenis bollard ini dilakukan dengan cara diangkur pada ujung lantai sisi dermaga tempat kapal berlabuh. Fungsinya sebagai tempat tertambatannya tali kapal pada saat kapal bersandar / berlabuh ke dermaga supayakapal tetap terjaga pada posisi berlabuhnya dan tidak terombang ambingkan oleh arus laut, angin, atau gelombang laut. Marine bollard terdiri dari beberapa model yaitu bitt bollard, tee bollard, staghorn bollard dan curve bollard.

Baca Juga: Bollard Bolder Kapal

Bollard lampu

Jenis bollard satu ini merupakan sebuah inovasi terbaru kombinasi dari stand bollard dengan komponen pencahayaan. Pada bagian atas stand / tiangnya, ditambahkan lampu sehingga jenis bollard ini memiliki fungsi ganda yakni selain sebagai tiang pembatas jalan sekaligus juga berfungsi sebagai penerangan jalan.

Tidak hanya sekedar sebagai penerangan, namun lebih kepenghidup suasana pada sekitar area jalan supaya terlihat lebih indah dan menjadi menarik. Untuk aplikasinya sendiri, bollard lampu seringkali digunakan di area taman, trotoar, dan pada area outdoor suatu bangunan seperti pada cafe, hotel, rumah sakit, dll.


Baca Juga: Apa itu Dermaga?