Artikel

Apa Itu Loading Dock?

Loading dock atau dalam Indonesia disebut dengan Dermaga Muat adalah area di sebuah pergudangan atau distribution center yang diperuntukan untuk tempat penyimpanan barang dan menjadi area bongkar muat barang dari gudang ke truk pengangkut barang. Area loading dock mempunyai pintu yang memiliki ukuran sebesar tempat penyimpanan truk.

Apa Itu Loading Dock?

Loading dock atau dalam Indonesia disebut dengan Dermaga Muat adalah area di sebuah pergudangan atau distribution center yang diperuntukan untuk tempat penyimpanan barang dan menjadi area bongkar muatbarang dari gudang ke truk pengangkut barang. Area loading dock mempunyai pintu yang memiliki ukuran sebesar tempat penyimpanan truk.

Peralatan-Peralatan Loading Dock

Pada area pergudangan modern, sebuah loading dock biasanya memiliki ciri-ciri dan perangkat setidaknya satu atau lebih yang mendukung bongkar muat barang, berikut peralatan dari loading dock:

  • Bumper Dock atau Rubber Bumper Loading Dock adalah perangkat yang digunakan untuk menahan benturan dan mencegah truk pada saat akan parkir mundur yang mana supir tidak dapat melihat belakang kendaraan yang menyebabkan benturan dan merusak struktur dinding pintu loading dock,
  • Dock Leveler adalah penghubung atau jembatan yang menghubungkan antara lantai bangunan loading dock dengan truk bongkar muat. Dock leveler umumnya tertanam di lantai loading dock dan dapat disesuaikan dengan ketinggian truk,
  • Penahan/Penambatan Truk adalah salah satu alat yang digunakan untuk mencegah truk berjalan sendiri yang dapat menyebabkan kecelakaan ataupun kerusakan pada kendaraan maupun pada bangunan itu sendiri,
  • Lampu Docking adalah salah satu perangkat loading dock yang membantu penerangan pada saat terjadinya proses loading dan unloading terutama pada saat malam hari,
  • Shelter Dock Shelter atau Atap menjadi salah satu perangkat loading dock yang berfungsi untuk melindungi barang pada saat terjadinya proses loading atau unloading dari bahayanya cuaca.


Baca Juga: Rubber Bumper Loading Dock

Kelima peralatan diatas adalah jenis-jenis peralatan loading dock yang melengkapi area loading dock, apapun jenis dari loading dock di dalam gudang haruslah memiliki salah satu atau lebih dari peralatan di atas.

Tipe-Tipe Loading Dock

Loading dock terdiri dari beberapa tipe yang umum dimiliki oleh sebuah gudang modern seperti pada berikut ini, antara lain:

  • Flush Loading Dock adalah salah satu design yang umum digunakan, dimana pintu loading dock yang menyatu dengan pondasi dari dinding bangunan. Design ini umum digunakan karena dapat menghemat ruang untuk penyimpanan barang, meskipun demikian faktor keamanan juga harus diperhatikan seperti dilengkapi dengan rubber bumper dan penambat truk.
  • Open Loading Dock merupakan design yang sekarang sudah tidak terlalu popular, karena penggunaannya memiliki perlindungan yang minim terhadap cuaca, akan tetapi design loading dock ini masih banyak digunakan di Indonesia. Open loading Dock mempunya ciri khas sendiri yaitu platform yang terbuka dengan canopy yang menutupi platform, design loading dock ini sangat memudahkan loading dan unloading barang karena platformnya yang terbuka, namun berefek pada barang yang menjadi mudah rusak atau hilang karena tidak perlindungannya yang minim.
  • Closed Loading Dock adalah salah satu jenis loading dock yang berkebalikan dengan open loading dock, karena jenis area loading ini sangat tertutup penuh. Sehingga memberikan perlindungan lebih dari cuaca sekaligus pencurian barang. Meskipun demikian design gudang ini harus sangat diperhatikan karena faktor keamanan dan Kesehatan seperti bahaya dari asap kendaraan yang tidak tersikulasi dengan baik.
  • Loading Dock Gergaji menjadi salah satu jenis loading dock yang unik, karena mempunyai model yang menyerupai mata gergaji. Design loading dock ini sangat berguna untuk mengatasi keterbatasan lahan parkir atau manuver truk.


Baca Juga: Dock Marine Fender

Masing-masing design loading dock tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, penggunaannya kembali kepada kebutuhan dari logistik anda sendiri.